Cara Membuat Siluet Yang Baik dan Benar

Biasanya fotografer berbicara tentang pentingnya menggunakan lampu flash ketika menembak dengan posisi subjek membelakangi matahari untuk memberikan cahaya yang cukup ke subjek. Tetapi ada juga saat-saat ketika membuat subjek terpisah dari garis besar mereka dengan latar belakang yang terang, sehingga dapat menjadi yang paling efektif atau ketika dengan kata lain siluet adalah sesuatu yang menarik untuk diterapkan.

Siluet adalah cara yang bagus untuk menyampaikan drama, misteri, emosi, dan suasana hati kepada pemirsa foto Anda dan sering menonjol dalam sebuah album karena kombinasi kesederhanaannya tetapi juga kisah yang mereka sampaikan. Saya suka siluet karena tidak memberikan gambaran yang jelas tentang segala sesuatu tetapi meninggalkan sebagian dari gambar hingga imajinasi pemirsa bertanya-tanya.

Strategi dasar cara membuat foto siluet yang harus Anda terapkan ialah dalam membuat foto siluet adalah menempatkan subjek Anda di depan beberapa sumber cahaya lalu mengatur eksposur berdasarkan bagian paling terang (latar belakang) dan membiarkan subjek menerima konsekuen gelap (underexposure).

Ada banyak uraian teknis tentang cara mengambil bidikan siluet hebat yang mungkin ingin Anda cari tetapi biarkan saya mencoba untuk menjalankan beberapa langkah dasar yang seharusnya memberikan Anda hasil seperti yang Anda inginkan. Intinya yang saya coba lakukan adalah membuat kamera Anda berpikir kepada bagian terang dari adegan yang paling Anda minati.

Pilih subjek yang Kuat
Hampir semua objek dapat dibuat menjadi siluet, namun ada yang lebih baik dari yang lainnya. Pilih subjek dengan bentuk yang kuat dan dapat dikenali. Buat ia cukup menarik dan bisa menahan minat pemirsa yang melihat gambar Anda. Siluet tidak dapat menggambar warna, tekstur, dan tone subjek untuk membuatnya menarik. Jadi untuk subjek Anda hanya perlu berkonsentrasi pada bentuknya. Jangan memilih bentuk subjek yang dalam siluetnya terlihat samar, seperti tidak dikenali mana bentuk kepala, tangan, kaki, dll.

Matikan flash kamera
Pastikan kamera Anda tidak dalam mode Auto atau Program, yang mana pada mode tersebut akan menghidupkan flash secara otomatis ketika kamera mendeteksi kurangnya cahaya. Seperti yang saya katakan sebelumnya, biarkan subjek dengan konsekuen gelap / kurang cahaya. Karena dalam trik ini konsentrasi kita pada subjek bukan lagi pada pencahayaannya tapi pada bentuk subjek yang semenarik mungkin dalam gambar siluet. Jika memang Anda tidak mahir mengoperasikan kamera selain mode auto, maka solusinya akan saya jelaskan di bagian bawah.

Mengatur cahaya dengan benar
Jadi, daripada menerangi bagian depan subjek Anda, di dalam siluet Anda perlu memastikan bahwa ada lebih banyak cahaya bersinar di latar belakang daripada latar depan dalam adegan Anda. Pencahayaan yang sempurna untuk ini adalah menempatkan subjek Anda di depan matahari terbenam (sunset) atau matahari terbit (sunrise). Akan tetapi sebenarnya pencahayaan dari sumber lain juga dapat melakukan trik ini. Intinya untuk bagian ini, pastikan Anda telah menetapkan pencahayaan yang baik untuk latar belakang dan sekali lagi jangan khawatir soal pencahayaan subjek.

Framing adegan
Ini seperti kebiasaan kita menembak pada umumnya yaitu membingkai adegan sebaik mungkin dengan memperhatikan beberapa aturan, seperti mengatur keseimbangan (ini yang utama), kemudian menempatkan subjek pada rule of third dan beberapa teknik pemotretan yang Anda kuasai. Saran, bingkai subjek Anda di depan dataran yang bagus dengan latar belakang yang terang. Biasanya latar belakang terbaik adalah langit tanpa awan terang dengan memposisikan matahari sekreatif mungkin.

Buat bentuk siluet yang berbeda dan rapi
Jika ada lebih dari satu bentuk atau subjek pada adegan yang Anda coba siluetkan, cobalah untuk memisahkannya. Misalkan saja Anda membuat siluet pohon dan seseorang yang berdiri di depannya atau bahkan bersandar pada pohon tersebut, maka pisahkan kedua subjek, karena pohon dan orang tersebut akan tergabung dalam satu bentuk siluet, sehingga pemirsa Anda akan bingung tentang bentuknya.

Menggunakan Mode Auto
Untuk bagian ini selain menjadi solusi pengguna awam kamera DSLR juga menjadi solusi pengguna kamera ponsel. Ya, kamera ponsel Anda juga bisa membuat siluet. Semua orang termasuk mereka yang awam juga ingin bisa menghasilkan foto yang menarik termasuk siluet ini. Masalahnya tidak semua pengguna kamera digital bisa mengatur eksposur untuk menghasilkan siluet. Jadi di sini saya menulis kiat-kiat khusus bagi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *