Biografi Singkat William Tanuwijaya

William Tanuwijaya , Lahir di Pematang Siantar pada 11 November tahun 1981. William merupakan seorang pengusaha di negara Indonesia yang juga merupakan salah satu Pendiri dari toko online yaitu Tokopedia.

Lahir di kota Pematang, Sumatera Utara william yang pada saat itu baru lulus dari SMA merantau ke kota Jakarta untuk mengenyam pendidikan yang baik, Mengikuti keinginan dari seorang Ayah dan pamannya.

Sayangnya pada tahun kedua di perkuliahannya, Ayah William jatuh sakit sehingga mengharuskan William untuk berkerja sampingan agar tetap dapat menuntut ilmu kuliah di kota Jakarta, keadaan yang mendesak ini memunculkan kecintaan William terhadap dunia Internet.

Pekerjaan yang dijalani William sebagai penjaga warnet ternyata mengantarkan William meluncurkan Tokopedia pada tahun 2009, tentunya setelah melalui berbagai perjuangan yang sangat tidak mudah.

Memiliki suatu misi pemerataan dalam Ekonomi melalui Teknologi, Tokopedia saat ini menjadi salah satu perusahan perintis berstatus Unicorn dengan evaluasi lebih dari 1 Miliar US $. Tokopedia juga berhasil menyabet berbagai penghargaan baik dari dalam Indonesia maupun luar Negeri.

Belakangan ini Tokopedia berhasil meraih sebuah penghargaan Android Excellence Apps sebagai aplikasi terbaik pilihan Google Play Store. Keberhasilan Tokopedia mengantarkan William sebagai pengusaha yang sukses di tanah air.

Setidaknya selama 8 tahun terakhir, William sudah memperoleh berbagai penghargaan salah satunya adalah , Young Global Leaders di tahun 2016, dan sebagai salah satu seorang pemimpin muda yang sangat berpengaruh di dunia.

Karier William Yanuwijaya

Setelah menyelesaikan Study di tahun 2003, William mengikuti kegemaraannya terhadap dunia digital dengan cara bekerja di perusahaan internet seperti Facebook dan Google, dikarenakan tidak ada dua persuahaan internet tersebut, William membuat aplikasi sendiri.

Pada tahun 2007, William mempunyai Ide untuk membangun Tokopedia. Sayangnya ia tidak memiliki modal awal untuk mewujudkan ide tersebut. William yang akhirnya bekerja sama dengan temannya yang bernama Leontinus Alpha Edison untuk mendirikan Tokopedia.

Terinspirasi dari perusahaan internet di dunia, William memberanikan dirinya untuk mencari pemodal. Usaha ini terbilang sangat sulit karena ia harus menerima penolakan dari banyak pihak ingin memodalkannya.

sumber artikel biografi: www.dbiografi.com

Dua tahun mencoba meyakinkan banyak orang-orang, William harus menerima kenyataan bahwa perusahaan internet belum memiliki kepercayaan yang kuat saat itu. Apa lagi saat itu ayahnya sudah di vonis menderita penyakit Kanker Kronis.

Hal itu tidak membuat Wiliam Yanuwijaya tidak putus asa. William terus berusaha meyakinkan orang-orang tentang potensi besar dari sebuah perusahaan internet. Maka ditahun 2009 Tokopedia akhirnya dapat dijalankan setelah mendapatkan kepercayaan dari satu pemodal.

Sejarah Berdirinya Online Shop Tokopedia

Di tanggal 6 Februari tahun 2009, Tokopedia sudah resmi terbentuk. Pada tanggal 17 agustus pada tahun yang sama Tokopedia sudah resmi duluncurkan ke hadapan publik. Bulan Oktober tahun 2014 Tokopedia mendapatkan suntikan dana 100 juta $ dari Softbank dan Sequoia Capital.

Hal ini merupakan titik awal prestasi dari William sebagai seorang pengusaha muda. Di tahun 2016 WIlliam terpilih mewakili Indonesia sebagai salah satu Young Global Leader World Economic Forum.

Tokopedia kembali meluncurkan babak investasi baru di tanggal 17 Agustus pada tahun 2017. Pendanaan senilai 1,1 Miliar USD atau dijumlahkan dalam bentuk rupiah senilai , RP14,7 Triliun ini berasal dari Alibaba Group, yang berasal dari Tiongkok.

Saat ini Tokopedia terlah bertransformasi menjadi sebuah E-Commerce yang terkemuka di Indonesia dengan memiliki evaluasi di atas 1Miliar USD. Memiliki 4 juta penjual dan dikunjungi oleh lebih dari 73 Juta pengunjung pada bulan Mei tahun 2018.

  • Jika

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *