Festival Pesta Bunga di Vietnam

Festival Pesta Bunga di Vietnam

Festival Pesta Bunga di Vietnam – Semilir angin sejuk khas pegunungan dan langit biru, bersih tanpa awan, menyambut kami begitu menginjakkan kaki di bandar udara Lien Khuong, Da Lat. Kota peristirahatan terletak di dataran tinggi Langbian sebelah selatan Vietnam. Berjarak kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota. Kami naik kendaraan umum minibus berkapasitas sekitar 12 orang. Kendaraan bergerak lincah mengikuti jalan berkelok-kelok. Meninggalkan bayangan deretan pohon pinus di belakang kami. Jalan raya di Da Lat, mulus dan lebar tanpa macet. Pasti sangat menggoda bagi pengemudi manapun untuk memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Seperti halnya pengemudi minibus yang kami tumpangi, membuat panorama indah sepanjang jalan hanya tertangkap dalam kelebatan sekejap mata.

Dibangun pada awal abad 19 pada pemerintahan kolonial Perancis di Indochina, Da Lat dirancang menjadi kota peristirahatan yang ideal, lengkap dengan fasilitasnya. Perumahan, fasilitas kesehatan, pendidikan, keagamaan, dan infrastruktur dibangun proporsional dengan ruang terbuka hijau yang terlihat dominan di kota ini. Arsitektur bangunan-bangunan warisan pemerintah kolonial masih terpelihara. Keberadaan danau buatan Xuan Huong, semakin memperkuat nuansa ‘Eropa’ dan mengukuhkan Da Lat sebagai the Little Paris nya Vietnam. Penataan ruang kota patut diacungan jempol. Trotoar yang nyaman dan lebar sungguh memanjakan pejalan kaki. Serta jalan raya yang bersih bebas sampah, membuat kami betah ‘mengukur’ jalan selama di sini. Danau Xuan Huong yang menjadi pusat kegiatan masyarakat kota juga dikelilingi jalur pejalan kaki nyaman. Hingga dimanfaatkan warga kota untuk sekadar berjalan-jalan menghirup udara segar atau lari mengitari danau.

Banyak keluarga maupun muda-mudi santai berpiknik di pelbagai area publik yang disediakan. Banyaknya taman kota dan ruang publik yang tersedia memungkinkan siapapun menggelar tikar dan menikmati piknik dalam balutan udara segar dan matahari yang bersinar ramah. Ini menjadi wisata murah paling menghibur dan menyenangkan bagi kaum tua maupun muda. Masyarakat Da Lat boleh berbangga hati kotanya bersih dan teratur. Diuntungkan pula dengan udara sejuk sepanjang tahun, pertanian bunga, sayur-mayur serta buah-buahan tumbuh subur dan menjadi penggerak roda perekonomian rakyat. Di samping sektor pariwisata, Da Lat menjadi tujuan sangat populer bagi wisatawan dalam negeri. Tidak jauh di luar Kota Da Lat, petak-petak perkebunan kopi, ladang kol, bunga kol, jeruk, stroberi dan pertanian beragam jenis bunga (floriculture) mendominasi bentang alam perbukitan di dataran tinggi Langbian ini.

Diselingi bangunan rumah penduduk berlantai dua atau tiga yang tampak mewah dan kokoh. Pertanian bunga telah berperan besar memakmurkan kehidupan penduduk desa tersebut yang menjadi pemasok bunga segar untuk permintaan dari dalam maupun luar negeri. Ini belum terhitung investasi berupa kegiatan penelitian maupun kunjungan-kunjungan yang dilakukan dalam rangka mempelajari teknologi yang diterapkan dalam pertanian bunga. Kegiatan pertaniannya pun menjadi objek wisata tersendiri dan mempunyai nilai jual bagi wisatawan serta memberikan banyak kesempatan kerja bagi masyarakat setempat maupun pendatang dari wilayah utara Vietnam. Tujuan wisata di Da Lat sungguh bervariasi, mulai wisata yang menguras tenaga seperti bersepeda, trekking, kayaking, canyoning menyusuri air terjun, wisata keliling kota, hingga wisata mengunjungi desa-desa sekitar untuk melihat para petani bunga bekerja.

Semarak Pesta Bunga
Seminggu di penghujung tahun adalah waktu paling tepat untuk menginjakkan kaki di kota ini. Penyebabnya, hampir seluruh penjuru kota bersolek dalam rangka Festival Hoa Da Lat atau Festival Bunga Da Lat. Festival tahun ini bertema “Da Lat – multitude of flower colors” sudah menginjak tahun keenam. Kami beruntung datang sehari sebelum perhelatan akbar dua tahunan itu. Kami dapat melihat persiapan peserta pawai dari dekat. Iring-iringan kendaraan karnaval berbentuk mobil, kereta, pesawat, sampai gerobak sayur dan buah-buahan berukuran raksasa, semuanya terbuat dari bunga segar.

Kendaraan itu berjalan perlahan mengitari Da Lat Square pada pelaksanaan gladi resik sore itu sebelum acara pembukaan keesokan harinya. Jalur pejalan kaki yang mengelilingi Danau Xuan Huong juga mendadak padat selama festival berlangsung karena sebagian besar trotoar tertutup deretan pot bunga. Keriaan juga terasa di Da Lat Flower Garden, sebelah ujung utara Danau Xuan Huong. Setiap sudut taman dihiasi aneka warna bunga yang ditanam sedemikian rupa sehingga membentuk bendera Vietnam, kuda poni putih, ulat manis dan lucu, sampai pondok kecil yang asri. Da Lat Flower Garden sendiri adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Da Lat. Dengan kurang lebih 300 spesies tanaman, tempat ini merupakan surga kecil bagi para pecinta bunga dan tanaman hias. Kami dibuat terpesona oleh tanaman bougenville berbunga lebat yang dikerdilkan, kaktus, aneka rumpun bunga yang disusun membentuk kuda lengkap dengan kereta kencana di belakangnya, atau hamparan bunga yang melambangkan bendera Vietnam. Semuanya itu ada di dalam taman ini.

Para pecinta bunga pasti dibuat sibuk mengamati jenis-jenis bunga yang dipamerkan di festival ini. Sementara para pengagum keindahan tidak kalah sibuk mengabadikan diri. Dipilih latar belakang rumpun kelopak aneka bunga, seolah berlomba memamerkan kecantikan warna-warninya. Mawar, tulip, dahlia, anggrek, krisan, bakung, herbras, dan anyelir adalah yang paling banyak dibudidayakan petani bunga Da Lat adalah aneka. Sedangkan aster, bokor (Hortensia), pansy, begonia, gladiol, forget me not, mimosa, snapdragon, flamboyan ungu, Jacaranda sp akan dikembangkan sesuai musimnya.

Berkat adanya genset yanmar 35 kva silent festival bunga ini dibuka untuk pengunjung sampai malam hari. Semua kebutuhan listrik untuk penerangan, untuk sound system dan peralatan lain di dapatkan dari yanmar genset tersebut. Pemerintahan setempat lebih percaya pada Yanmar sebab merek ini sudah terbukti tangguh dan bisa digunakan pada cuaca apapun. Dari segi perawatanya juga tak sulit, cukup di servis saja secara agar performanya selalu terjaga.

  • Jika

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *