Fungsi Batterai CMOS

Jika kalian belum mengetahui apa itu baterai CMOS ada lebih baiknya untuk membaca artikelnya terlebih dahulu. Kode daya baterai CMOS yang berjalan sebelum sistem operasi dimuat dalam komputer. Tugas umum yang diselesaikan sebelum sistem operasi Anda memuat adalah mengaktifkan keyboard, memuat drive sistem dan mengatur jam sistem. Karena jam sistem dikendalikan oleh baterai CMOS, salah satu metode paling umum untuk mengidentifikasi masalah baterai CMOS adalah memperhatikan bahwa komputer Anda memiliki masalah dalam mempertahankan waktu yang tepat.

Baterai logam-oksida-semikonduktor tambahan melengkapi pengaturan sistem input-output dasar. Pengaturan BIOS mengontrol hal-hal seperti memuat sistem operasi Anda, mengelola memori sistem dan mengoperasikan keyboard.

Setiap tindakan yang diselesaikan oleh komputer sebelum sistem operasi Anda dimuat oleh BIOS. Beberapa fungsi yang dikendalikan oleh BIOS termasuk memverifikasi bahwa semua perangkat keras komputer berfungsi dengan baik, mengelola komunikasi antara komputer dan periferalnya, seperti printer dan monitor, dan memastikan jam sistem dan drive komputer berfungsi dengan baik.

Sebagian besar baterai CMOS terbuat dari lithium. Baterai lithium, juga disebut baterai sel CR2032, mirip dengan jenis baterai yang ditemukan di jam tangan. Untuk mengganti baterai CMOS, matikan dan cabut kabel komputer, lepaskan kabel apa pun, dan buka penutup komputer. Baterai CMOS ada di motherboard komputer. Ikuti petunjuk produsen komputer untuk mengeluarkan baterai.

Selain masalah mempertahankan waktu yang tepat, tanda-tanda lain masalah baterai CMOS adalah pesan kesalahan yang muncul saat komputer dihidupkan. Kesalahan umum termasuk kesalahan CMOS checksum, kesalahan kegagalan baterai CMOS dan pesan kesalahan membaca CMOS.

Sumber: komputertips.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *